Minggu, 27 November 2011

Tugas Kelas IX Bl 1 dan IX Bl 2 : Menulis Karya Tulis Sederhana

Menulis Karya Ilmiah Sederhana dengan Menggunakan Berbagai Sumber

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting. Dengan menguasai keterampilan tersebut, kamu dapat menuangkan apa yang kamu pikirkan dalam bentuk tulisan. Selain itu, kamu juga dapat mengemukakan gagasan dan argumentasi kamu dalam bentuk tulisan yang sederhana sehingga dapat dibaca orang lain. Dalam pembelajaran ini, kamu akan berlatih menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber acuan dan teori untuk mendukung pendapat dan argumentasi kamu.
1. Mengamati peristiwa berita runtuhnya  Jembatan Kartanegara atau kerusakan lingkungan disebabkan penambangan  Batu Bara, iligal logging dan Mengemukakan Pendapat dan Argumentasi
Bila kita membaca, menonton televisi, atau menyaksikan keadaan lingkungan di sekitar, sering kita melihat keadaan lingkungan yang sangat memprihatinkan. Misalnya, penggundulan hutan, rusaknya hutan lindung, rumah-rumah kumuh, sampah, bencana banjir, runtuhnya Jembatan Kartanegara dan sebagainya. Melihat itu semua, tentu ada sesuatu yang ingin kita ungkapkan secara tertulis. Mungkin ide, pendapat, atau pemecahan masalah! Nah, itu semua dapat kita tulis.
Amatilah kejadian atau peristiwa runtuhnya Jembatan Kartanegara! Kesan apa yang kamu peroleh?
Dengan mengamati peristiwa melihat langsung atau menoton berita di telivisi atau membaca di koran  tentu kamu dapat mengidentifikasi apa yang dilukiskan dalam peristiwa  tersebut. Kemukakan pendapatmu tentang keadaan lingkungan yang dilukiskan pada peristiwa tersebut! Diskusikan dengan teman di dekatmu tentang apa yang terjadi dalam peristiwa itu! Tuliskan pendapat yang disertai alasan (argumen) mengenai keadaan lingkungan yang terdapat dalam peristiwa  tersebut dalam bentuk karya tulis sederhana!

Sebelum kamu menyusun sebuah karya ilmiah sederhana , terlebih dahulu kamu harus mengetahui sistematika dan menyusun kerangkanya. Secara garis besar sistematika karya ilmiah minimal terdiri atas pendahuluan, isi, penutup, dan daftar pustaka. Adapun fungsi kerangka karangan adalah sebagai pemandu pada saat kamu akan menyusun sebuah karangan yang utuh. Untuk dapat menyusun kerangka karangan perhatikan langkah-langkah berikut!
a. Tuliskan pendapatmu secara berurutan!
b. Tentukan topik! Kemaslah judul itu dalam pernyataan yang menarik!
c. Gunakan buku sumber untuk mendukung pendapat atau argumenmu dari berbagai sumber (majalah,  
    koran, buku pelajaran, buku bacaan, atau pendapat orang)
d. Identifikasilah hal-hal yang mendukung masalah yang akan kamu bahas!
e. Klasifikasikan masalah tersebut secara berurutan!
f. Susunlah sebuah kerangka karangan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar